Jumat, 04 Juni 2010

Tips Merawat Kelinci


Informasi terbaru Tips Merawat Kelinci Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya Angora, miniLop, Dutch, Giant, lyion dan lain-lain. Khusus lyion sebenarnya adalah silang luar dari jenis Angora dengan jenis lain, namun dikalangan peternak kelinci hias disebut sebagai lyion atau angora jadi-jadian. Di Indonesia, peternakan kelinci dibagi dua yaitu peternakan daging dan hias.

BUAT PARA PECINTA & PENYAYANG KELINCI, INI ADA SEDIKIT ULASAN TENTANG KELINCI.

Sekedar berbagi pengalaman aja tentang memelihara kelinci buat pemula. Supaya jangan kejadian lagi setelah beli satu dua hari langsung mati. Kasihan, nggak tega ngeliatnya. Kemaren beli kelinci mati melulu sampe 3 ekor. Setelah itu baru berhasil hidup. Sekarang udah gede. Nah, ini tipsnya:

1. Anak kelinci jangan dikasih minum. Karena perutnya belum kuat. Kalo dikasi minum kemungkinan besar besoknya akan mati. Setelah umur 3 atau 4 bulan baru boleh dikasih minum air.

2. Jangan memberikan sayuran yang terlalu banyak mengandung air(seperti wortel). Karena (sama seperti nomor satu).

3. Ya jangan sampai kedinginan lah. Apalagi kehujanan. Soalnya itu kelinci yang dijual di pinggir jalan, biasanya umurnya masih kecil banget. Harusnya masih diasuh sama induknya. Jadi butuh kandang yang hangat.

4. Berikan saja kangkung, sebaiknya dilayukan dahulu agar kandungan seratnya tidak rusak, jangan ditumis ya , atau kulit jagung yang masih muda. Tapi yang paling gampang kangkung aja. Secukupnya, jangan kebanyakan.

5.Kelinci juga perlu dilepaskan dipekarangan rumah. Pagi dan sore adalah saat yang tepat kelinci dilepaskan. Dengan dilepaskannya kelinci, ia akan memakan rumput2 yang ada di pekarangan.

6. Anak kelinci jangan sering dipegang2 atau digendong, nanti dia akan stress.

7. Kandangnya sebaiknya yg bawahnya kawat atau bambu yg pasang agak jarang jarang, agar kencing & kotorannya langsung jatuh, jadinya nggak membasahi kandang, sehingga kandangnya tetep kering, nggak lembab.

8. Jika membeli anak kelinci sebaiknya yg kira kira ukurannya tubuhnya seumuran. kalau ada yang terlalu besar dibandingkan dengan temannya, nanti temennya terinjak bisa mati.

9. Kalau ingin membeli jangan banyak2. Satu atau dua dulu. Nanti kalau sudah mahir meliharanya, baru boleh menambah.

10. Waspadai tikus wirok, atau yang lebih dikenal dengan tikus bandung yang kalo di kota gedenya bisa sebesar kucing2 kampung. Dan Hati2 sama kucing dan anjing. Tiga2nya bisa melahap anak kelinci kita dengan senangnya.

11. Dan untuk Yang hobi memelihara tanaman2 hias, letakkanlah tanamannya di tempat yg tidak terjangkau oleh kelinci.

12. Dan yang terakhir, saya menganjurkan kepada yg telah membeli kelinci, untuk merawatnya dengan baik, jika kira2 tak sanggup merawatnya, jangan dibeli. Kalau mati, kasihan. Mending dikasih tetangga atau orang yg kira2 mau dan sanggup untuk merawatnya.

sumber: iniilham.wordpress.com Tinggalkan komentar anda tentang Tips Merawat Kelinci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar