Selasa, 15 Juni 2010

Ebook Tesaurus Bahasa Indonesia


Informasi terbaru Ebook Tesaurus Bahasa Indonesia Tesaurus adalah sebuah buku sinonim (dua kata atau lebih yang memiliki arti yang sama). Tesaurus sering termasuk kata terkait yang memiliki hal yang hampir sama. Beberapa tesaurus juga termasuk daftar hiponim (sub-bagian, misalnya "mawar" adalah hiponim dari bunga) yang sering digunakan, serta antonim (dua kata yang memiliki arti berlawanan).

Sebagai contoh, dengan mencari kata "besar" di sebuah tesaurus, seseorang akan menemukan kata lain yang mirip seperti "raya", "agung", dll. Jika sebuah tesaurus juga memiliki daftar antonim, orang bisa juga mencari kata yang artinya berlawanan, seperti "kecil".

Banyak pelajar dan penulis yang menggunakan tesaurus untuk membantu diri menemukan kata yang tepat untuk mengungkapkan atau menuangkan pikiran mereka dalam bentuk kata-kata tertulis. Sehingga diperoleh kata yang tepat, kesan yang lebih kuat dan penggunaan kata yang bervariasi, tidak monoton. Menggunakan tesaurus dapat membantu seseorang menambah kosakatanya (jumlah kata yang mereka tahu).



Pusat Pembinaan Bahasa bekerjasama Departemen Pendidikan Nasional telah menerbitkan sebuah buku Tesaurus Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Balai Pustaka. Versi PDF dari buku ini tersedia pula untuk diunduh (download).

LINK DOWNLOAD ADA DI SINI Tinggalkan komentar anda tentang Ebook Tesaurus Bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar