Rabu, 09 Desember 2009

Mempelajari Teknologi Informasi


“Pada umumnya dunia IT penuh dengan praktek agar pengalaman dan pemahaman terus bertambah. Terlebih teknologi terus berkembang seiring dengan detik-detik waktu, sehingga terkadang orang berpikir mengikuti teknologi bisa membuang waktu dan uang jika kita belum pasti turun langsung menjadi praktisi IT”.

Ubah pemikiran anda tentang wacana di atas, karena belajar IT tidak perlu membuang uang percuma. Tidak perlu ikut pelatihan IT, dan sebagainya. Berikut tips singkat untuk menggeluti IT tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih:

1. Berkenalan dengan IT,

tak kenal maka tak sayang kata pepatah juga. So, kamu kudu mengenal IT secara umum terlebih dahulu sebelum bergelut di bidang IT. Pahami pembagian bidang IT, karena IT terbagi atas beberapa bagian, usahakan ada minat yang kuat pada salah satu bidang tersebut, lebih dari satu juga lebih baik, akan tetapi menguasai satu bidang dengan dalam lebih baik ketimbang hanya setengah-setengah.

2. Mencari dan Membaca Referensi,

buku, buku elektronik, hasil browsing, seminar dan lain sebagainya bisa anda peroleh secara gratis jika anda kiat dan cerdas dalam bersosialisasi. Referensi ini penting bagi anda untuk menggantikan riset-riset yang membutuhkan hardware/piranti keras atau lunak yang mahal dan tentunya sebagai langkah awal untuk mencapai point yang pertama. Dengan pemahaman yang baik terhadap referensi-referensi terkait, maka anda dapat dipastikan ‘Bisa/memiliki pengalaman’ dalam sebuah kasus tanpa harus melakukan praktek sebelumnya. Tidak ikut pelatihan IT tidak masalah kok. Karena dengan referensi, anda dapat mengetahui asal usul atau cara kerja suatu bidang IT.

3. Buat Proyek Kecil Yang Menghasilkan,

setelah berusaha mendalami referensi dan mengetahui tujuan dari bidang IT, anda sudah layak membuat proyek IT kecil-kecilan dengan modal seminimal mungkin. Kalo anda tertarik di bidang Software, maka anda bisa mulai membuat proyekan aplikasi sederhana. Kalau anda tertarik di bidang Networking, ada baiknya anda bergabung dalam tim kampus/Insitusi terlebih dahuku untuk bisa membuat proyek yang tidak menghabiskan uang pribadi untuk membeli hardware yang diperlukan, atau modal dikit buat sistem networking di kos-kosan atau dirumah dengan komputer yang ada, atau minjem juga tidak mengapa . Kreatiflah dalam membuat sebuah proyek, karena hingga proyek yang besar nantinya anda akan dituntut kreatif.

4. Terjun Ke Komunitas,

bersosialisasi itu penting dalam dunia IT, karena dengan bersosialisasi maka anda akan dapat pengalaman dan wawasan yang terus bertambah dari yang telah berpengalaman, maupun yang pemula. Dengan komunitas, kamu juga bisa nambahin koleksi proyek kamu, atau janji pekerjaan-pekerjaan baru yang lebih menantang. Komunitas juga membutuhkan media, maka siapkan forum atau blog hasil karyamu jika perlu.

5. Siap Lembur,

anak IT kalo tidak lembur gak seru. Biasanya anak IT akan disibukkan dengan proyek luaran alias SJ (side Job), sehingga dibutuhkan waktu ekstra diluar rutinitas untuk mengerjakannya. Sebagai permulaan ingin terjun kedunia IT, maka siapkan diri untuk beradaptasi akan situasi ini, maka ada baiknya anda isi dengan melakukan riset-riset pada waktu-waktu tambahan belajar anda.

www.jibes.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar