Senin, 29 November 2010

Ebook: Wood Magazine Collection (1984-2009)


Informasi terbaru Ebook: Wood Magazine Collection (1984-2009)

Link-link download di bawah ini, adalah kumpulan majalah-majalah seputar pertukangan kayu yang dikompilasi menjadi file-file digital (ebook) dalam format PDF. Terdapat 195 edisi dari majalah Wood Magazine mulai tahun 1984 hingga 2009 (full collection) yang ukuran keseluruhannya dalam format digital sekitar 6.9 GB. Semua ebook tersebut sudah tersusun dalam indeks yang mudah dicari dan ditelusuri judul-judulnya. Setiap lembar halaman ebook sudah siap cetak dengan resolusi yang 300 dpi sekualitas foto.

Indeks sangat mudah digunakan. Anda bisa menelusuri dari sekian banyak proyek desain perkayuan dan tips-tips pengerjaannya. Lengkap dengan gambar-gambar pelaksanaanya, langkah demi langkah! Anda tidak akan kehilangan ide-ide segar untuk merancang perabot dari kayu sekaligus belajar keterampilan perkayuan. Semuanya bisa anda peroleh setelah mendownload koleksi majalah khusus teknik perkayuan ini, yang seandainya anda ingin membelinya, membutuhkan waktu bertahun-tahun, dengan harga yang sangat mahal. Jangan sia-siakan koleksi berharga ini!

Link-link download:

http://hotfile.com/dl/85154144/631ede2/4.1.WMC8409.part01.rar.html
http://hotfile.com/dl/85154122/3f0c53c/4.1.WMC8409.part02.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153200/c10d5ba/4.1.WMC8409.part03.rar.html
http://hotfile.com/dl/85154118/f91c537/4.1.WMC8409.part04.rar.html
http://hotfile.com/dl/85154116/e082f64/4.1.WMC8409.part05.rar.html
http://hotfile.com/dl/85154117/0603975/4.1.WMC8409.part06.rar.html
http://hotfile.com/dl/85154120/dabb82c/4.1.WMC8409.part07.rar.html
http://hotfile.com/dl/85154123/61a1dd6/4.1.WMC8409.part08.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153659/19a885b/4.1.WMC8409.part09.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153660/16966b0/4.1.WMC8409.part10.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153664/a256c46/4.1.WMC8409.part11.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153663/4ac1fc4/4.1.WMC8409.part12.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153827/c6e0844/4.1.WMC8409.part13.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153824/353b278/4.1.WMC8409.part14.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153826/74bc6f1/4.1.WMC8409.part15.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153822/5b303b4/4.1.WMC8409.part16.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153828/80d3c69/4.1.WMC8409.part17.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153825/8fe2b54/4.1.WMC8409.part18.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153821/83f1f72/4.1.WMC8409.part19.rar.html
http://hotfile.com/dl/85153829/09081ad/4.1.WMC8409.part20.rar.html
http://hotfile.com/dl/85155438/e2644ec/4.1.WMC8409.part21.rar.html
http://hotfile.com/dl/85155565/0e55155/4.1.WMC8409.part22.rar.html
http://hotfile.com/dl/85155654/82ecd9d/4.1.WMC8409.part23.rar.html
http://hotfile.com/dl/85155668/85a340b/4.1.WMC8409.part24.rar.html
http://hotfile.com/dl/85155653/32ae30a/4.1.WMC8409.part25.rar.html
http://hotfile.com/dl/85155661/839e76b/4.1.WMC8409.part26.rar.html

Atau:

http://www.fileserve.com/file/zMu548t/4.1.WMC8409.part01.rar
http://www.fileserve.com/file/uTSufnf/4.1.WMC8409.part02.rar
http://www.fileserve.com/file/9urPren/4.1.WMC8409.part03.rar
http://www.fileserve.com/file/7z6vZpA/4.1.WMC8409.part04.rar
http://www.fileserve.com/file/y4czrhU/4.1.WMC8409.part05.rar
http://www.fileserve.com/file/ztWK9B4/4.1.WMC8409.part06.rar
http://www.fileserve.com/file/5b5dbUK/4.1.WMC8409.part07.rar
http://www.fileserve.com/file/2mkBHPy/4.1.WMC8409.part08.rar
http://www.fileserve.com/file/USZ7WJM/4.1.WMC8409.part09.rar
http://www.fileserve.com/file/kV9KTJf/4.1.WMC8409.part10.rar
http://www.fileserve.com/file/DkQ2p88/4.1.WMC8409.part11.rar
http://www.fileserve.com/file/CAYzM4Q/4.1.WMC8409.part12.rar
http://www.fileserve.com/file/3YdYz92/4.1.WMC8409.part13.rar
http://www.fileserve.com/file/aSAwHTR/4.1.WMC8409.part14.rar
http://www.fileserve.com/file/5rPhYCC/4.1.WMC8409.part15.rar
http://www.fileserve.com/file/YUPhn8n/4.1.WMC8409.part16.rar
http://www.fileserve.com/file/MpQg7v6/4.1.WMC8409.part17.rar
http://www.fileserve.com/file/XGdP3db/4.1.WMC8409.part18.rar
http://www.fileserve.com/file/9WpnUa4/4.1.WMC8409.part19.rar
http://www.fileserve.com/file/PFeKCTp/4.1.WMC8409.part20.rar
http://www.fileserve.com/file/JPuphSs/4.1.WMC8409.part21.rar
http://www.fileserve.com/file/gFFwvTz/4.1.WMC8409.part22.rar
http://www.fileserve.com/file/sp33QxR/4.1.WMC8409.part23.rar
http://www.fileserve.com/file/zJVmCRn/4.1.WMC8409.part24.rar
http://www.fileserve.com/file/xn8exY5/4.1.WMC8409.part25.rar
http://www.fileserve.com/file/aTNPrd8/4.1.WMC8409.part26.rar

Atau:

http://www.filesonic.com/file/35921547/4.1.WMC8409.part01.rar
http://www.filesonic.com/file/35923967/4.1.WMC8409.part02.rar
http://www.filesonic.com/file/35921493/4.1.WMC8409.part03.rar
http://www.filesonic.com/file/35921519/4.1.WMC8409.part04.rar
http://www.filesonic.com/file/35923823/4.1.WMC8409.part05.rar
http://www.filesonic.com/file/35921821/4.1.WMC8409.part06.rar
http://www.filesonic.com/file/35921523/4.1.WMC8409.part07.rar
http://www.filesonic.com/file/35923819/4.1.WMC8409.part08.rar
http://www.filesonic.com/file/35923975/4.1.WMC8409.part09.rar
http://www.filesonic.com/file/35923969/4.1.WMC8409.part10.rar
http://www.filesonic.com/file/35921537/4.1.WMC8409.part11.rar
http://www.filesonic.com/file/35921669/4.1.WMC8409.part12.rar
http://www.filesonic.com/file/35921581/4.1.WMC8409.part13.rar
http://www.filesonic.com/file/35921743/4.1.WMC8409.part14.rar
http://www.filesonic.com/file/35924357/4.1.WMC8409.part15.rar
http://www.filesonic.com/file/35922409/4.1.WMC8409.part16.rar
http://www.filesonic.com/file/35922367/4.1.WMC8409.part17.rar
http://www.filesonic.com/file/35922477/4.1.WMC8409.part18.rar
http://www.filesonic.com/file/35922315/4.1.WMC8409.part19.rar
http://www.filesonic.com/file/35922419/4.1.WMC8409.part20.rar
http://www.filesonic.com/file/35922311/4.1.WMC8409.part21.rar
http://www.filesonic.com/file/35922297/4.1.WMC8409.part22.rar
http://www.filesonic.com/file/35922365/4.1.WMC8409.part23.rar
http://www.filesonic.com/file/35924773/4.1.WMC8409.part24.rar
http://www.filesonic.com/file/35924665/4.1.WMC8409.part25.rar
http://www.filesonic.com/file/35922349/4.1.WMC8409.part26.rar

Setiap file dari masing-masing server download tersebut bisa dipertukarkan. Tinggalkan komentar anda tentang Ebook: Wood Magazine Collection (1984-2009)

Selasa, 23 November 2010

Bermain Dalam Pendidikan Anak


Informasi terbaru Bermain Dalam Pendidikan Anak Bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan atau tanpa mempergunakan alat yang menghasilkan pengertian atau memberikan informasi, memberi kesenangan maupun mengembangkan imajinasi pada anak.

Jika pengertian bermain dipahami dan sangat kita kuasai, maka kemampuan itu akan berdampak positif pada cara kita dalam membantu proses belajar anak. Pengamatan ketika anak bermain secara aktif maupun pasif, akan banyak membantu memahami jalan pikiran anak, selain itu akan meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Pada saat bermain kita perlu mengetahui saat yang tepat bagi kita untuk melakukan atau menghentikan intervensi. Karena bila tidak memahami secara benar dan tepat, hal itu akan membuat anak frustasi atau tidak kooperatif dan sebaliknya. Dari bahasa tubuh si anak pun kita sudah dapat mengetahui kapan mereka membutuhkan kita untuk melakukan intervensi.

Pemahaman tentang bermain juga akan membuka wawasan dan menjernihkan pendapat kita, sehingga akan dapat lebih luwes terhadap kegiatan bermain itu sendiri, dan akibatnya akan mendukung segala aspek perkembangan anak. Yang dimaksudkan adalah kita dapat memberi kesempatan yang lebih banyak kepada anak-anak untuk bereksplorasi, sehingga pemahaman tentang konsep maupun pengertian dasar suatu pengetahuan dapat dipahami oleh anak dengan lebih mudah.

Montessori, seorang tokoh pendidikan menekankan bahwa ketika anak bermain, ia akan mempelajari dan menyerap segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Untuk itu, perencanaan dan persiapan lingkungan belajar anak harus dirancang dengan seksama sehingga segala sesuatu dapat merupakan kesempatan belajar yang sangat menyenangkan bagi anak itu sendiri.

Frobel menyatakan bahwa imajinasi merupakan dunia anak. Setiap benda yang dimainkan berfungsi sesuai dengan imajinasi anak. Misalnya, penggaris yang dipegangnya dapat dianggap sebagai pesawat terbang. Ia juga mencipta kotak kubus yang terdiri dari kubus kecil-kecil dan kemudian berkembang menjadi susunan balok yang beraneka bentuk dan ukuran. Yang perlu diperhatikan adalah kita dapat memperlihatkan kepada anak adanya hubungan antara satu balok dengan balok berikutnya. Pada kesempata itu pula anak dapat mempraktekan konsep bahasa, semua itu terjadi pada saat anak bermain.

Dalam proses perkembangan anak melalui bermain, kita akan menemukan 2 istilah yang berbeda yaitu Learning resources dan Educational toys and games. Seperti yang dikembangkan oleh Piaget (1961) bahwa terdapat beberapa tahapan intelektual anak yaitu:
• Usia 0 â€" 2 tahun disebut masa sensorimotor
• Usia 2 â€" 7 tahun disebut masa pra-operasional
• Usia 7 â€" 11 tahun disebut masa konkrit operasional
• Usia 11 â€" 14 tahun disebut masa formal operasional

Pada kedua masa pertama, panca indera berperan sangat besar. Anak memahami pengertian atau konsep-konsep lewat benda konkrit. Dengan bermain, anak mendapatkan masukan-masukan untuk diproses bersama dengan pengetahuan apa yang dimilikinya

Sedangkan Montessori (1966) menyatakan bahwa lingkungan atau alam sekitar yang mengundang anak untuk menyenangi pembelajarannya. Bermain dengan media permainan yang dipersiapkan menjadi penting. Belajar dengan bermain memberi kesempatan kepada anak untuk memanipulasi, mengulang-ulang, menemukan sendiri, bereksplorasi, mempraktekan, dan mendapatkan bermacam-macam konsep serta pengertian yang tidak terhitung banyaknya. Disinilah proses pembelajaran terjadi. Mereka mengambil keputusan, memilih, menentukan, mencipta, memasang, membongkar, mengembalikan, mencoba, mengeluarkan pendapat dan memecahkan masalah, mengerjakan secara tuntas, bekerja sama dengan teman dan mengalami berbagai macam perasaan (Mayke, 1995)

Bagaimana sebaiknya peran orang dewasa ketika anak sedang bermain? Menurut Hughes (1995) menyatakan ada 5 pandangan utama tentang peran kita ketika anak sedang bermain yaitu:
  1. Partisipasi aktif dari orang tua, guru dan pendamping akan sangat bermanfaat bagi anak dalam bermainsebagai contoh dalam acara bermain teh, tamu-tamuan atau bermain supermarket
  2. Kita berperan sebagai fasilitator. Contohnya ketika kita bermain jual-jualan. Kita dapat melontarkan pertanyaan seperti berapakah harganya ?, apak disini jual susu kotak ? atau apakah harganya bisa dikurangi ? dan contoh-contoh lain. Dalam suasana santai, pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat memacu anak untuk memberikan jawaban secara spontan.
  3. Intonasi yang tidak tinggi dan berbicara dengan lembut dapat digunakan untuk menghadapi anak yang perilakunya kurang baik. Dengan kelembutan itu kita akan lebih mudah menyentuh perasaan anak. Usaha guru adalah membuat anak mampu menentukan sendiri bagaimana memperbaiki sikapnya. Namun kelembutan yang dimaksud tidak boleh diartikan menuruti semua kemauan anak yang berakibat timbul kesan guru tidak tegas/konsisten. Kelembutan dan kesabaran sangat diperlukan untuk membangun komunikasi dengan anak. Diharapkan dengan sikap-sikap kita yang lembut dan sabar mampu membantu mereka untuk berpartisipasi secara aktif dalam membuat segala bentuk peraturan yang berlaku dalam setiap permainan
  4. Ketika berkomunikasi dengan anak, kita perlu memperhatikan bahasa tubuh mereka. Bahasa tubuh merupakan ungkapan dari anak ketika mereka sulit memformulasikannya dalam bentuk kalimat. Tuntunan kepada anak untuk menformulasikan pikiran harus diperhatikan. Misalnya pembetulan kalimat-kalimat mereka tidak boleh dipaksakan. Perbaikan dapat dilakukan dengan melakukan pengulangan ujaran anak yang bukan merupakan penggalan kata atau kalimat
  5. Setiap anak memiliki keunikan sendiri. Dalam bermain kita dapat melihat berbagai keunikan itu secara nyata. Misalnya ada anak yang konsentrasi menyelesaikan satu proses kegiatan, tapi ada juga yang cepat sekali berpindah kegiatan atau perhatiannya.

Referensi:
Anggani S. 2000. Sumber belajar dan alat permainan. Grasindo
Hughes, F. 1995. Children, play and development.
Montessori, M. 1966. The absorbent mind. Fides Publ.


sumber: abihafiz.wordpress.com Tinggalkan komentar anda tentang Bermain Dalam Pendidikan Anak

Senin, 22 November 2010

Fakta Terselubung tentang Kerajaan Majapahit


Informasi terbaru Fakta Terselubung tentang Kerajaan Majapahit Seorang sejarawan pernah berujar bahwa sejarah itu adalah versi atau sudut pandang orang yang membuatnya. Versi ini sangat tergantung dengan niat atau motivasi si pembuatnya. Barangkali ini pula yang terjadi dengan Majapahit, sebuah kerajaan maha besar masa lampau yang pernah ada di negara yang kini disebut Indonesia. Kekuasaannya membentang luas hingga mencakup sebagian besar negara yang kini dikenal sebagai Asia Tenggara.

Namun demikian, ada sesuatu yang ‘terasa aneh’ menyangkut kerajaan yang puing-puing peninggalan kebesaran masa lalunya masih dapat ditemukan di kawasan Trowulan Mojokerto ini. Sejak memasuki Sekolah Dasar, kita sudah disuguhi pemahaman bahwa Majapahit adalah sebuah kerajaan Hindu terbesar yang pernah ada dalam sejarah masa lalu kepulauan Nusantra yang kini dkenal Indonesia. Inilah sesuatu yang terasa aneh tersebut. Pemahaman sejarah tersebut seakan melupakan beragam bukti arkeologis, sosiologis dan antropologis yang berkaitan dengan Majapahit yang jika dicerna dan dipahami secara ‘jujur’ akan mengungkapkan fakta yang mengejutkan sekaligus juga mematahkan pemahaman yang sudah berkembang selama ini dalam khazanah sejarah masyarakat Nusantara.

‘Kegelisahan’ semacam inilah yang mungkin memotivasi Tim Kajian Kesultanan Majapahit dari Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pengurus Daerah Muhammadiyah Yogyakarta untuk melakukan kajian ulang terhadap sejarah Majapahit. Setelah sekian lama berkutat dengan beragam fakt-data arkeologis, sosiologis dan antropolis, maka Tim kemudian menerbitkannya dalam sebuah buku awal berjudul ‘Kesultanan Majapahit, Fakta Sejarah Yang Tersembunyi’. Buku ini hingga saat ini masih diterbitkan terbatas, terutama menyongsong Muktamar Satu Abad Muhammadiyah di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu.

Sejarah Majapahit yang dikenal selama ini di kalangan masyarakat adalah sejarah yang disesuaikan untuk kepentingan penjajah (Belanda) yang ingin terus bercokol di kepulauan Nusantara. Akibatnya, sejarah masa lampau yang berkaitan dengan kawasan ini dibuat untuk kepentingan tersebut. Hal ini dapat pula dianalogikan dengan sejarah mengenai PKI. Sejarah yang berkaitan dengan partai komunis ini yang dibuat di masa Orde Baru tentu berbeda dengan sejarah PKI yang dibuat di era Orde Lama dan bahkan era reformasi saat ini. Hal ini karena berkaitan dengan kepentingan masing-masing dalam membuat sejarah tersebut. Dalam konteks Majapahit, Belanda berkepentingan untuk menguasai Nusantara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Untuk itu, diciptakanlah pemahaman bahwa Majapahit yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia adalah kerajaan Hindu dan Islam masuk ke Nusantara belakangan dengan mendobrak tatanan yang sudah berkembang dan ada dalam masyarakat.

Apa yang diungkapkan oleh buku ini tentu memiliki bukti berupa fakta dan data yang selama ini tersembunyi atau sengaja disembunyikan. Beberapa fakta dan data yang menguatkan keyakinan bahwa kerajaan Majpahit sesungguhnya adalah kerajaan Islam atau Kesultanan Majapahit adalah sebagai berikut:



1. Ditemukan atau adanya koin-koin emas Majapahit yang bertuliskan kata-kata ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah’. Koin semacam ini dapat ditemukan dalam Museum Majapahit di kawasan Trowulan Mojokerto Jawa Timur. Koin adalah alat pembayaran resmi yang berlaku di sebuah wilayah kerajaan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sangat tidak mungkin sebuah kerajaan Hindu memiliki alat pembayaran resmi berupa koin emas bertuliskan kata-kata Tauhid.

2. Pada batu nisan Syeikh Maulana Malik Ibrahim yang selama ini dikenal sebagai Wali pertama dalam sistem Wali Songo yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa terdapat tulisan yang menyatakan bahwa beliau adalah Qadhi atau hakim agama Islam kerajaan Majapahit. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Agama Islam adalah agama resmi yang dianut oleh Majapahit karena memiliki Qadhi yang dalam sebuah kerajaan berperan sebagai hakim agama dan penasehat bidang agama bagi sebuah kesultanan atau kerajaan Islam.

3. Pada lambang Majapahit yang berupa delapan sinar matahari terdapat beberapa tulisan Arab, yaitu shifat, asma, ma’rifat, Adam, Muhammad, Allah, tauhid dan dzat. Kata-kata yang beraksara Arab ini terdapat di antara sinar-sinar matahari yang ada pada lambang Majapahit ini. Untuk lebih mendekatkan pemahaman mengenai lambang Majapahit ini, maka dapat dilihat pada logo Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, atau dapat pula dilihat pada logo yang digunakan Muhammadiyah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Majapahit sesungguhnya adalah Kerajaan Islam atau Kesultanan Islam karena menggunakan logo resmi yang memakai simbol-simbol Islam.

4. Pendiri Majapahit, Raden Wijaya, adalah seorang muslim. Hal ini karena Raden Wijaya merupakan cucu dari Raja Sunda, Prabu Guru Dharmasiksa yang sekaligus juga ulama Islam Pasundan yang mengajarkan hidup prihatin layaknya ajaran-ajaran suf, sedangkan neneknya adalah seorang muslimah, keturunan dari penguasa Sriwijaya. Meskipun bergelar Kertarajasa Jayawardhana yang sangat bernuasa Hindu karena menggunakan bahasa Sanskerta, tetapi bukan lantas menjadi justifikasi bahwa beliau adalah seorang penganut Hindu. Bahasa Sanskerta di masa lalu lazim digunakan untuk memberi penghormatan yang tinggi kepada seseorang, apalagi seorang raja. Gelar seperti inipun hingga saat ini masih digunakan oleh para raja muslim Jawa, seperti Hamengku Buwono dan Paku Alam Yogyakarta serta Paku Buwono di Solo. Di samping itu, Gajah Mada yang menjadi Patih Majapahit yang sangat terkenal terutama karena Sumpah Palapanya ternyata adalah seorang muslim. Hal ini karena nama aslinya adalah Gaj Ahmada, seorang ulama Islam yang mengabdikan kemampuannya dengan menjadi Patih di Kerajaan Majapahit. Hanya saja, untuk lebih memudahkan penyebutan yang biasanya berlaku dalam masyarakat Jawa, maka digunakan Gajahmada saja. Dengan demikian, penulisan Gajah Mada yang benar adalah Gajahmada dan bukan ‘Gajah Mada’. Pada nisan makam Gajahmada di Mojokerto pun terdapat tulisan ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah’ yang menunjukkan bahwa Patih yang biasa dikenal masyarakat sebagai Syeikh Mada setelah pengunduran dirinya sebagai Patih Majapatih ini adalah seorang muslim.

5. Jika fakta-fakta di atas masih berkaitan dengan internal Majapahit, maka fakta-fakta berikut berhubungan dengan sejarah dunia secara global. Sebagaimana diketahui bahwa 1253 M, tentara Mongol dibawah pimpinan Hulagu Khan menyerbu Baghdad. Akibatnya, Timur Tengah berada dalam situasi yang berkecamuk dan terjebak dalam kondisi konflik yang tidak menentu. Dampak selanjutnya adalah terjadinya eksodus besar-besaran kaum muslim dari Timur Tengah, terutama para keturunan Nabi yang biasa dikenal dengan ‘Allawiyah. Kelompok ini sebagian besar menuju kawasan Nuswantara (Nusantara) yang memang dikenal memiliki tempat-tempat yang eksotis dan kaya dengan sumberdaya alam dan kemudian menetap dan beranakpinak di tempat ini. Dari keturunan pada pendatang inilah sebagian besar penguasa beragam kerajaan Nusantara berasal, tanpa terkecuali Majapahit.

Inilah beberapa bukti dari fakta dan data yang mengungkapkan bahwa sesungguhnya Majapahit adalah Kesultanan Islam yang berkuasa di sebagian besar kawasan yang kini dikenal sebagai Asia Tenggara ini. Sekali lagi terbukti bahwa sejarah itu adalah versi, tergantung untuk apa sejarah itu dibuat dan tentunya terkandung di dalamnya beragam kepentingan. Wallahu A’lam Bishshawab. [kompas/sejarah] Tinggalkan komentar anda tentang Fakta Terselubung tentang Kerajaan Majapahit

Sabtu, 20 November 2010

Sekolah Bukan ‘Rumah Pejagalan Pikiran’


Informasi terbaru Sekolah Bukan ‘Rumah Pejagalan Pikiran’ Ada tiga thesis utama yang dikemukakan Bapak Pendidikan Modern, John Amos Comenius tentang pendidikan. Pertama, pendidikan merupakan daya pemersatu uamt manusia. Comenius yakin bahwa pendidikan universal dapat turut memelihara perdamaian dunia. Kedua, Comenius juga mengaitkan pengetahuan keilahian. Ia percaya bahwa dengan memperoleh pengetahuan, umat manusia pada akhirnya diarahkan kepada Allah. Dan ketiga, para siswa hendaknya tidak terlalu dibebani dengan pelajaran yang tidak cocok dengan usia, daya pemahaman, dan keadaan pada saat itu.

Tiga thesis utama di atas merupakan jawaban Comenius atas kesemrawutan, disorientasi, dan ‘ketidakbecusan’ pendidikan Eropa pada zamannya. Dimana menjamurnya fakta bahwa hanya pria yang dianggap layak mendapat pendidikan, kecuali yang berasal dari keluarga miskin. Pengajaran di dalam kelas sebagian besar dilakukan dengan menjejalkan kata, kalimat, dan tata kalimat untuk semua ilmu pengetahuan.

Guru pun tampil superior sebagai yang cerdas, sementara murid atau para siswa dipandang sebagai ‘tong air’ yang mesti diisi dan atau sebuah ‘alat rusak’ yang mesti diperbaiki. Di hadapan guru, murid atau para siswa tidak dapat mengeksplorasi diri (minat dan bakat). Murid atau para siswa dipandang hanya terdiri atas ‘kepala’ yang tidak punya ‘kaki dan tangan’.

Tidak hanya itu, sistem pendidikan yang ketat dengan tingkat disiplin yang tinggi, kadang-kadang kejam, ditambah suasana moralnya sangat mengerikan, membuat Comenius geram. Menurutnya, sekolah telah mengambil alih peran dan fungsi rumah pejagalan sebagai roh pendidikan. Protes itu amat terang dalam kalimatnya bahwa sekolah-sekolah telah berubah menjadi “rumah pejagalan pikiran”

Protes Comenius sebagai buah dari refleksi atas situasi pendidikan pada zamannya menginspirasi banyak orang. Tidak hanya di negeri kelahirannya Republik Ceko, tetapi hampir ke seluruh penjuru Eropa. Melalui ketiga bukunya yang terkenal yakni The School of Infancy, selanjutnya The Visible World, dan The Great Didactic Comenius memelopori model pendidikan yang kontekstual. Melalui karya dan kiprahnya, Comenius tidak hanya dielu-elukan sebagai jenius, tetapi juga ditahbiskan sebagai Bapa Pendidikan Modern.

Menurut Comenius pendidikan harus menekankan pada metode pengamatan alami dan langsung terhadap dunia. Pengindraan merupakan metode mengajar yang tepat karena segala sesuatu diketahui melalui kegiatan mengindrai. Agar mencapai tujuan pendidikan yang ideal, pengajaran harus mencakup tiga hal mendasar, yakni pertama, meyakinkan dan cermat. Kedua, pasti dan jelas, serta yang ketiga, mudah dan menyenangkan.

Selanjutnya menurut Comenius pendidikan atau mengajar akan menjadi mudah dan menyenangkan apabila mengikuti proses yang terjadi dalam alam. Hal itu terjadi apabila, pertama, memulai sedini mungkin sebelum jiwa dan kepribadian peserta didik, murid atau siswa dirusak oleh berbagai kepentingan. Kedua, jiwa dan kepribadian harus dipersiapkan sebaik mungkin untuk menerima pendidikan. Situasi dan iklim pendidikan harus diciptakan secara kondusif. Ketiga, pendidikan harus berlangsung dari hal-hal yang umum ke hal-hal yang khusus, dengan memulai dari hal-hal yang mudah dan berproses menuju ke hal-hal yang sukar. Keempat, murid atau pelajar tidak dibebani dengan banyaknya mata pelajaran.

Kelima, penekanan ada pada proses. Kemajuan tidak dipaksakan, tetapi berproses secara berangsur-angsur. Keenam, tidak memaksakan pengetahuan yang berat. Menurut Comenius, intelektualitas jangan dipaksakan, tetapi berkembang sesuai dengan usia dan menggunakan metode yang alami. Ketujuh, dan terakhir adalah pendidikan harus terlibat dan melibatkan diri di tengah realitas sosial. Para pelajar atau siswa harus diikutsertakan dalam pembangunan masyrakat, dengan menyertakan mereka dalam situasi sosial masyarakat yang ada.

Belajar dari Comenius dengan merefleksikan situasi pendidikan di tanah air, kita mestinya tergugah. Kita mestinya sadar untuk selalu harus mengevaluasi sistem, metode dan iklim pendidikan kita. Apakah kita telah sungguh menjadikan sekolah sebagai ‘ruang kehidupan’ atau sebaliknya menjadi ‘rumah pejagalan pikiran’. Selamat berefleksi. (Dari berbagai sumber)

sumber: krisbheda.wordpress.com Tinggalkan komentar anda tentang Sekolah Bukan ‘Rumah Pejagalan Pikiran’

Selasa, 16 November 2010

Gampang Lelah? Kenali 14 Penyebabnya!


Informasi terbaru Gampang Lelah? Kenali 14 Penyebabnya! Apakah akhir-akhir ini Anda cepat merasa capek atau lelah yang diselingi dengan menguap saat beraktivitas. Bisa jadi, rasa kantuk yang terjadi karena Anda tidak cukup tidur, kurang energi, atau bahkan merupakan tanda atau gejala penyakit, seperti anemia.

Waspadalah. Kenali penyebab rasa lelah dengan menyimak 14 poin berikut ini. Temukan penyebabnya beserta kiat-kiat dalam mengatasinya :

1. Tidak Cukup Tidur
Umumnya orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam sehari untuk tidur. Apabila Anda mengantuk berat saat beraktivitas, bisa jadi karena kualitas dan kuantitas tidur Anda menurun. Hati-hati, karena kurang tidur bisa berakibat buruk pada kesehatan dan konsentrasi Anda.
Cara mengatasinya: buatlah prioritas waktu tidur dan jadwal teratur untuk tidur. Jauhkan laptop, ponsel, atau PDA ketika Anda tidur karena hal itu akan membantu mengurangi gangguan saat tidur.

2. “Sleep Apnea”
Beberapa orang berpikir bahwa mereka sudah cukup tidur. Namun, tak pernah berpikir kalau mereka mengalami sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitas napas dan terjadi berulang-ulang. Mungkin Anda tidak menyadarinya, tetapi setiap kali muncul gangguan ini kualitas tidur akan menurun. Hal ini menyebabkan Anda tetap merasa kurang tidur meski sudah menghabiskan waktu delapan jam untuk istirahat. Sleep apnea juga berkaitan dengan berbagai penyakit, seperti hipertensi, gangguan jantung, diabetes, dan stroke. Sleep apnea terjadi akibat penyempitan saluran napas selama tidur. Akibatnya, pasokan oksigen akan berulang kali terhenti sepanjang malam.
Cara mengatasinya: kurangi berat badan bila anda kegemukkan, berhenti merokok, dan cobalah tidur menggunakan alat bantu yang disebut CPAP yang menjaga Anda tetap bernapas sepanjang malam.

3. Kekurangan Energi
Makan yang terlalu sedikit menyebabkan tubuh kelelahan, tetapi menyantap makanan yang salah juga dapat menjadi masalah. Diet seimbang membantu menjaga kadar gula darah Anda dalam rentang normal dan mencegah rasa lelah ketika gula darah Anda menurun.
Cara mengatasinya: selalu sarapan setiap pagi dan mencoba menambahkan protein dan karbohidrat kompleks di setiap makanan. Misalnya, makan telur dengan roti gandum. Anda juga dapat mengonsumsi makanan selingan untuk menjaga energi sepanjang hari.

4. Anemia
Anemia merupakan penyebab utama kelelahan pada wanita. Mengeluarkan darah selama menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Sel-sel darah merah sangat diperlukan tubuh karena mereka membawa oksigen ke jaringan dan organ.
Cara mengatasinya: anemia biasa disebabkan kurangnya zat besi. Ada baiknya Anda mengakali dengan minum suplemen zat besi dan makan makanan yang kaya zat besi, seperti daging, hati, kerang, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya zat besi.

5. Depresi
Anda mungkin berpikir depresi hanyalah gangguan emosi. Namun, ternyata hal ini juga berhubungan dengan gejala fisik. Salah satu gejala fisik yang paling umum adalah kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan. Jika Anda tetap merasa lelah dan murung selama lebih dari dua minggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.
Cara mengatasinya: depresi dapat diatasi melalui psikoterapi dan pengobatan secara medis.

6. Hypothyroidism
Tiroid adalah kelenjar kecil di pangkal leher Anda. Organ ini berfungsi mengendalikan metabolisme tubuh dan mengatur kecepatan tubuh mengubah makanan menjadi energi. Ketika kelenjar ini tidak berfungsi dengan baik dan fungsi-fungsi metabolisme dalam tubuh berjalan lambat, Anda mungkin merasa lemas dan bertambah gemuk.
Cara mengatasinya: apabila tes darah menunjukkan hormon tiroid Anda sedang rendah, dokter akan meresepkan hormon sintetis untuk mengembalikan kinerja tubuh Anda.

7. Kebanyakan Menenggak kafein
Mengonsumsi kafein dalam dosis wajar dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun, terlalu banyak kafein dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan kejang. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menyebabkan kelelahan pada beberapa orang.
Cara mengatasinya: secara bertahap kurangi konsumsi kopi, teh, cokelat, minuman ringan, dan setiap obat yang mengandung kafein. Menghentikan secara tiba-tiba dapat menyebabkan penarikan kafein dan kelelahan berlebihan.

8. Infeksi Saluran Kemih
Jika pernah mengalami infeksi saluran kemih (ISK), Anda mungkin mengalami rasa sakit seperti terbakar. Namun, infeksi ini tak selalu ditunjukkan dengan gejala tersebut. Dalam beberapa kasus, kelelahan mungkin satu-satunya tanda Anda terkena ISK. Anda dapat melakukan tes urine untuk memastikan ISK.
Cara mengatasinya: periksa ke dokter. Obat-obat jenis antibiotik dapat diresepkan untuk mengatasi ISK dan kelelahan biasanya akan hilang setelah sekitar seminggu.

9. Diabetes
Penderita diabetes umumnya memiliki kadar gula darah tinggi, tetapi gula darah ini tetap berada dalam aliran darah dan tidak masuk ke dalam sel-sel sehingga tidak dapat diubah menjadi energi. Alhasil, tubuh bisa kehabisan energi meskipun Anda cukup makan. Jika Anda sering mengalami kelelahan tanpa sebab, minta dokter Anda untuk melakukan tes diabetes.
Cara mengatasinya: pengobatan diabetes dengan cara mengubah gaya hidup, seperti diet dan olahraga, terapi insulin dan obat-obatan dapat membantu tubuh dalam memproses gula.

10. Dehidrasi
Kelelahan bisa jadi tanda Anda terkena dehidrasi. Meskipun Anda bekerja di luar atau berkutat di atas meja, tubuh tetap membutuhkan air untuk bekerja dengan baik dan tetap tenang. Tanda-tanda orang dehidrasi ialah Anda mengalami kehausan.
Cara mengatasinya: minumlah air sepanjang hari sehingga urine Anda bewarna terang. Minimal dua gelas air setiap satu jam atau mengonsumsi air lebih banyak sebelum melakukan aktivitas fisik yang sudah direncanakan. Kemudian, lanjutkan latihan Anda lalu minumlah dua gelas lagi.

11. Penyakit Jantung
Ketika Anda merasa kelelahan akibat kegiatan rutin, seperti membersihkan rumah atau menyiangi halaman, bisa jadi itu pertanda jantung tidak bekerja dengan baik. Jika ternyata kegiatan sehari-hari yang mudah pun semakin sulit untuk dilakukan, segeralah berkonsultasi kepada dokter.
Cara mengatasinya: mengubah gaya hidup, menjalani pengobatan, dan ikutilah prosedur dari terapi yang Anda jalankan untuk membuat jantung Anda pada kondisi lebih baik sekaligus mengembalikan energi Anda.

12. Kerja “Shift”
Bekerja malam atau melakukan kerja shift dapat mengganggu jam tidur Anda. Anda mungkin merasa lelah ketika harus terjaga. Dan, Anda mungkin mengalami kesulitan tidur di siang hari.
Cara mengatasinya: batasi aktivitas pada siang hari ketika Anda perlu istirahat. Ciptakanlah suasana kamar tidur menjadi gelap, tenang, dan sejuk.

13. Alergi Makanan
Beberapa dokter percaya ketidaksadaran akan alergi pada jenis makanan tertentu dapat membuat Anda mengantuk. Jika intensitas kelelahan meningkat setelah makan, mungkin anda harus memerhatikan jenis makanan yang mungkin tak menyebabkan Anda gatal-gatal, tetapi cukup membuat Anda mengantuk.
Cara mengatasinya: cobalah untuk berhenti menyantap salah satu jenis makanan untuk melihat apakah itu berkorelasi meningkatkan kelelahan pada diri Anda. Anda juga dapat meminta dokter untuk melakukan tes alergi makanan.

14. Fibromyalgia dan CFS
Jika kelelahan Anda berlangsung lebih dari enam bulan dan sangat parah sehingga Anda tidak dapat mengatur kegiatan sehari-hari, sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome/CFS) atau fibromyalgia adalah suatu kemungkinan. Keduanya dapat memiliki berbagai gejala, salah satu yang utama adalah kelelahan.
Cara mengatasinya: meski tidak ada penyembuhan cepat untuk CFS atau fibromyalgia, penderita justru mendapat keuntungan dari perubahan jadwal harian, yaitu belajar memperbaiki kebiasaan tidur menjadi lebih baik dan memulai program latihan yang ringan.

Kiat Mengurangi Kelelahan

Jika Anda merasa lelah, tetapi tidak ada hubungannya dengan kondisi medis, mungkin salah satu solusinya adalah olahraga. Penelitian menunjukkan, orang dewasa sehat tetapi kerap merasa lelah bisa memperoleh tambahan energi signifikan dari program latihan sederhana.
Dalam sebuah penelitian, peserta mengendarai sepeda statis selama 20 menit dengan kecepatan ringan. Melakukan jenis latihan ini selama tiga kali seminggu sudah cukup untuk mengobati kelelahan. Tinggalkan komentar anda tentang Gampang Lelah? Kenali 14 Penyebabnya!

Sabtu, 13 November 2010

Enigeo - Software Belajar Geografi Negara Internasional


Informasi terbaru Enigeo - Software Belajar Geografi Negara Internasional

Enigeo adalah sebuah software yang sangat bagus untuk mempelajari tentang negara-negara di dunia beserta ibukota negara dan benderanya masing-masing. Enigeo menyediakan pula semacam quiz interaktif yang berisi pertanyaan tentang negara-negara tersebut. Disamping menampilkan lokasi setiap negara dalam peta dunia.

Fitur-fitur Enigeo antara lain:

  • Dua mode: kuis dan eksplorasi peta
  • Menampilkan ibukota negara dan benderanya
  • Kuis dapat diubah atau dimodifikasi
  • Soal-soal kuis dapat dipilih tipenya
  • Bisa dibatasi menurut wilayahnya
  • Tersedia statistik hasil kuis



LINK DOWNLOAD ADA DI SINI Tinggalkan komentar anda tentang Enigeo - Software Belajar Geografi Negara Internasional

Minggu, 07 November 2010

Gangguan Syaitan terhadap Manusia dalam Shalat


Informasi terbaru Gangguan Syaitan terhadap Manusia dalam Shalat WAS WAS SAAT MELAKUKAN TAKBIRATUL IHRAM
Saat mulai membaca takbiratul ihram "Allahu Akbar" , ia ragu apakah takbir yang dilakukannya itu sudah sah atau belum sah. Sehingga ia langsung mengulanginya lagi dengan membaca takbir. Peristiwa itu terus menerus terulang, terkadang sampai imamnya hampir ruku'. Ibnul Qayyim berkata, "Termasuk tipu daya syetan yang banyak menggangu mereka adalah was-was dalam bersuci (berwudhu) dan niat atau saat takbiratul ihram dalam shalat".
Was-was itu membuat mereka tersiksa dan tidak nyaman

TIDAK KONSENTRASI SAAT MEMBACA BACAAN SHALAT
Sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yaitu 'Utsman bin Abil 'Ash datang kepada Rasulullah dan mengadu, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya syetan telah hadir dalam shalatku dan membuat bacaanku salah dan rancu". Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, "Itulah syetan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah subhanahu wata'ala. Akupun melakukan hal itu dan Allah subhanahu wata'ala menghilangkan gangguan itu dariku" (HR. Muslim)

LUPA JUMLAH RAKAAT YANG TELAH DIKERJAKAN
Abu Hurairah r.a berkata, "Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda,
"Jika salah seorang dari kalian shalat, syetan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah kerjakan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam" (HR Bukhari dan Muslim)

HADIRNYA PIKIRAN YANG MEMALINGKAN KONSENTRASI
Abu Hurairah r.a berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Apabila dikumandangkan adzan shalat, syetan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara adzan tersebut. Apabila muadzin telah selesai adzan, ia kembali lagi. Dan jika iqamat dikumandangkan ia berlari. Apabila telah selesai iqamat, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang shalat seraya berkata kepadanya, ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat! Sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia shalat" (HR Bukhari)

TERGESA-GESA UNTUK MENYELESAIKAN SHALAT
Ibnul Qayyim berkata, "Sesungguhnya ketergesa-gesaan itu datangnya dari syetan, karena tergesa-gesa adalah sifat gegabah, asal dan sembrono yang menghalang-halangi seseorang untuk berprilaku hati-hati, tenang dan santun serta meletakkan sesuatu pada tempatnya. Tergesa-gesa muncul karena dua perilaku buruk, yaitu sembrono dan buru-buru sebelum waktunya".
Tentu saja bila shalat dalam kondisi tergesa-gesa, maka cara pelaksanaannya asal. Asal mengerjakan, asal selesai dan asal jadi. Tidak ada ketenangan atau thu-ma'ninah. Pada zaman Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ada orang shalat dengan tergesa-gesa. Akhirnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkannya untuk mengulanginya lagi karena shalat yang telah ia kerjakan belum sah. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepadanya, "Apabila kamu shalat, bertakbirlah (takbiratul ihram). Lalu bacalah dari Al-Qur'an yang mudah bagimu, lalu ruku'lah sampai kamu benar-benar ruku' (thuma'ninah) , lalu bangkitlah dari ruku' sampai kamu tegak berdiri, kemudian sujudlah sampai kamu benar-benar sujud (thuma'ninah) dan lakukanlah hal itu dalam setiap rakaat shalatmu" (HR Bukhari dan Muslim)

MELAKUKAN GERAKAN-GERAKAN YANG TIDAK PERLU
Dahulu ada seorang sahabat yang bermain kerikil ketika sedang tasyahud. Ia membolak-balikkannya. Melihat hal itu, maka Ibnu Umar segera menegurnya selepas shalat.
"Jangan bermain kerikil ketika shalat karena perbuatan tersebut berasal dari syetan. Tapi kerjakan seperti apa yang dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam". Orang tersebut bertanya, "Apa yang dilakukannya? " Kemudian Ibnu Umar meletakkan tangan kanannya diatas paha kanannya dengan jari telunjuk menunjuk ke arah kiblat atau tempat sujud. "Demikianlah saya melihat apa yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam" kata Ibnu Umar (HR Tirmidzi)

MENENGOK KE KANAN ATAU KE KIRI KETIKA SHALAT
Dengan sadar atau tidak, orang tersebut menengok ke kiri atau ke kanan, itulah akibat godaan syetan penggoda. Karena itu, setelah takbiratul ihram, pusatkan pandangan pada satu titik. Yaitu tempat sujud. Sehingga perhatian kita menjadi fokus dan tidak gampang dicuri oleh syetan. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a, ia berkata, "Saya bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tentang hukum menengok ketika shalat". Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, "Itu adalah curian syetan atas shalat seorang hamba" (HR Bukhari)

MENGUAP DAN MENGANTUK
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Menguap ketika shalat itu dari syetan. Karena itu bila kalian ingin menguap maka tahanlah sebisa mungkin" (HR Thabrani).

Dalam riwayat lain Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Adapun menguap itu datangnya dari syetan, maka hendaklah seseorang mencegahnya (menahannya) selagi bisa. Apabila ia berkata ha... berarti syetan tertawa dalam mulutnya" (HR Bukhari dan Muslim)

BERSIN BERULANG KALI SAAT SHALAT
Syetan ingin menggangu kekhusyu'an shalat dengan bersin sebagaimana yang dikatakan Abdullah bin Mas'ud, "Menguap dan bersin dalam shalat itu dari syetan" (Riwayat Thabrani).

Ibnu Hajar mengomentari pernyataan Ibnu Mas'ud, "Bersin yang tidak disenangi Allah subhanahu wata'ala adalah yang terjadi dalam shalat sedangkan bersin di luar shalat itu tetap disenangi Allah subhanahu wata'ala. Hal itu tidak lain karena syetan memang ingin menggangu shalat seseorang dengan berbagai cara"

TERASA INGIN BUANG ANGIN ATAU BUANG AIR
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Apabila salah seorang dari kalian bimbang atas apa yang dirasakan di perutnya apakah telah keluar sesuatu darinya atau tidak, maka janganlah sekali-kali ia keluar dari masjid sampai ia yakin telah mendengar suara (keluarnya angin) atau mencium baunya" (HR Muslim).

Berbahagialah orang-orang muslim yang selama ini terbebas dari berbagai macam gangguan syetan dalam shalat. Semoga kita semua dibebaskan oleh Allah subhanahu wata'ala dari gangguan-gangguan tersebut. Dan bagi yang merasakan gangguan tersebut, sebagian atau keseluruhannya, janganlah putus asa untuk berjihad melawan syetan terkutuk. Tinggalkan komentar anda tentang Gangguan Syaitan terhadap Manusia dalam Shalat

Rabu, 03 November 2010

Penipuan Berkedok Teori Otak Tengah


Informasi terbaru Penipuan Berkedok Teori Otak Tengah OTAK TENGAH Menurut Kajian Sarlito Wirawan Sarwono
(Guru Besar Fakultas Psikologi UI)

Dengan berpikir atau bertanya sedikit, setiap orang bisa tahu bahwa ini adalah penipuan. Namun orang Indonesia itu malas bertanya dan ingin yang serba instan. Termasuk kaum terpelajar dan orang berduitnya. Jadi kita gampang sekali jadi sasaran penipuan. Inilah menurut saya yang paling memprihatinkan dari maraknya kasus otak tengah ini.

Saturday, 18 September 2010

Di suasana Lebaran ini mestinya saya menulis sesuatu tentang Lebaran,tepatnya tentang bermaaf-maafan, wabil-khusus tentang psikologi maaf. Namun,draf tulisan yang sedang saya siapkan terpaksa saya sisihkan dulu saking gemasnya mengamati perkembangan pseudo-science (ilmu semu)yang sangat membahayakan akhir-akhir ini tentang otak tengah(midbrain). Mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi bahan bacaan alternatif yang menarik di tengah tengah banjirnya (lebih parah dari banjir Pakistan) artikel dan siaran tentang Idul Fitri di hari-hari seputar Lebaran ini.

Otak tengah adalah bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai relay station untuk penglihatan dan pendengaran. Dia juga mengendalikan gerak bola mata. Bagian berpigmen gelapnya yang disebut red nucleus (inti merah) dan substantia nigra juga mengatur gerak motorik anggota tubuh. Karena itu kelainan atau gangguan di otak tengah bisa menyebabkan parkinson.

Untuk keterangan lebih lanjut silakan berkonsultasi dengan dokter.

Namun, yang jelas, otak tengah tidak mengurusi inteligensi, emosi, apalagi aspek-aspek kepribadian lain seperti sikap, motivasi, dan minat. Para pakar ilmu syaraf(neuroscience) Richard Haier dari Universitas California dan Irvineserta Rex Jung dari Universitas New Mexico, Amerika Serikat, menemukan bahwa inteligensi atau kecerdasan yang sering dinyatakan dalam ukuran IQ tidak terpusat pada satu bagian tertentu dari otak, melainkan merupakan hasil interaksi antar beberapa bagian dari otak.

Makin bagus kinerja antar bagian- bagian otak itu, makin tinggi tingkat kecerdasan seseorang (teori parieto-frontal integration). Di sisi lain, pusat emosi terletak di bagian lain dari otak yang dinamakan amygdala, tak ada hubungannya dengan midbrain. Sementara itu aspek kepribadian lain seperti minat dan motivasi lebih merupakan aspek sosial (bukan neurologis) dari jiwa, yang lebih gampang diamati melalui perilaku seseorang ketimbang dicari pusatnya di otak.

Sampai dengan tahun 1980-an (bahkan sampai hari ini) masih banyak yang percaya bahwa keberhasilan seseorang sangat tergantung pada IQ-nya. Makin tinggi IQ seseorang akan makin besar kemungkinannya untuk berhasil. Itulah sebabnya banyak sekolah mempersyaratkan hasil tes IQ di atas 120 untuk bisa diterima di sekolah yang bersangkutan. Namun, sejak Howard Gardner menemukan teori tentang multiple intelligence (1983) dan Daniel Goleman memublikasikan temuannya tentang Emotional Intelligence (1995), maka para pakar dan awam pun tahu bahwa peran IQ pada keberhasilan seseorang hanya sekitar 20â€"30% saja.

Selebihnya tergantung pada faktor-faktor kepribadian lain seperti usaha, ketekunan, konsentrasi, dedikasi, kemampuan sosial. Walaupun begitu, beberapa bulan terakhir ini, marak sekali kampanye tentang pelatihan otak tengah.

Bahkan rekan saya psikolog psikolog muda ada yang bersemangat sekali mengampanyekan otak tengah sambil mengikutsertakan anak-anak mereka kepelatihan otak tengah yang biayanya mencapai Rp3,5 juta/anak (kalau dua anak sudah Rp 7 juta, kan) hanya untuk dua hari kursus.

Hasilnya adalah bahwa anak-anak itu dalam dua hari bisa menggambar warna dengan mata tertutup. Wah, bangganya bukan main para ortu itu. Mereka pikir setelah bisa menggambar dengan mata tertutup, anak-anak mereka langsung akan jadi cerdas, bisa konsentrasi di kelas, bersikap sopan santun kepada orang tua, bersemangat belajar tinggi, percaya diri, dan sebagainya seperti yang dijanjikan oleh kursus-kursus seperti ini.

Mungkin mereka mengira bahwa dengan menginvestasikan Rp3,5 juta untuk dua hari kursus, orang tua tidak usah lagi bersusah payah menyuruh anak mereka belajar (karena mereka akan termotivasi untuk belajar sendiri), tidak usah membayar guru les lagi (karena otomatis anak akan mengerti sendiri pelajarannya), dan yang terpenting anak pasti naik kelas, malah bisa masuk peringkat. Inilah yang saya maksud dengan “berbahaya” dari tren yang sedang berkembang pesat akhir-akhir ini.

Untuk orang tua yang berduit, uang sebesar Rp3,5 juta mungkin tidak ada artinya. Namun, kasihan anaknya jika ternyata dia tidak bisa memenuhi harapan orang tuanya. Selain bisa menggambar dengan mata tertutup (sebagian hanya berpura-pura bisa dengan mengintip lewat celah penutup mata dekat hidung), ternyata dia tidak bisa apa-apa.

Konsentrasi tetap payah, motivasi tetap rendah, dan emosi tetap meledak-ledak tak terkendali. Pasalnya memang tidak ada hubungannya antara otak tengah dengan faktor faktor kepribadian itu.

Namun, orangtua sepertinya tidak mau tahu. Dia sudah membayar Rp3,5 juta dan sudah mendengarkan ceramah Dr David Ting, pakar otak tengah dari Malaysia itu.

Kata Dr Ting, anak yang sudah ikut pelatihan otak tengah bukan hanya jadi makin pintar, tetapi jadi jenius. Karena itu nama perusahaannya juga Genius Mind Corporation. Malah bukan itu saja. Menurut Dr Ting, anak yang sudah terlatih otak tengahnya bisa melihat di balik dinding, bisa melihat apa yang akan terjadi (seperti almarhumah Mama Laurenz), bahkan bisa mengobati orang sakit. Ya, itulah yang dijanjikannya dalam iklan-iklan Youtube-nya di internet. Dan dampaknya bisa dahsyat sekali karena angka KDRT pada anak bisa langsung melompat naik gara-gara banyak anak dicubiti atau dipukuli pantatnya sampai babak-belur oleh mama-mama mereka sendiril antaran tidak bisa melihat di balik tembok, meramal atau mengobati orang sakit.***

Untuk menyiapkan tulisan ini, saya sengaja menelusuri nama David Ting di Google. Ternyata ada puluhan pakar di dunia yang bernama David Ting dan David Ting yang menganjurkan otak tengah ini ternyata bukan pakar ilmu syaraf, kedokteran, biologi, atau psikologi. Dia disebutkan sebagai pakar pendidikan dan tidak ada hubungannya dengan ilmu syaraf (neuroscience).

Maka saya ragu akan ilmunya. Apalagi saya hanya mendapati beberapa versi Youtube yang diulang-ulang saja, beberapa tulisan kesaksian, dan cerita-cerita yang sulit diverifikasi kebenarannya. Saya pun lanjut dengan menelusuri jurnal-jurnal ilmiah online, siapa tahu tulisan-tulisan ilmiahnya sudah banyak, tetapi saya belum pernah membacanya. Namun hasilnya juga nol.

Maka saya makin tidak percaya.

Saya yakin bahwa teori David Ting tentang otak tengah hanyalah pseudo-science atau ilmu semu karena seakan-akan ilmiah, tetapi tidak bisa diverifikasi secara ilmiah. Sama halnya dengan teori otak kanan-otak kiri yang juga ilmu semu atau astrologi atau palmistri (membaca nasib orang dengan melihat garis-garis telapak tangannya). Masalahnya, astrologi dan palmistri yang sudah kuno itu tidak merugikan siapa-siapa karena hanya dilakukan oleh yang mempercayainya atau sekadar iseng-iseng tanpa biaya dan tanpa beban apaapa. Kalau betul syukur, kalau salah yo wis.

Lain halnya dengan pelatihan otak tengah dan dulu pernah juga populer pelatihan otak kanak-otak kiri. Bahkan, saya pernah memergoki, di sebuah gedung pertemuan (kebetulan saya ke sana untuk keperluan lain), sebuah pelatihan diselenggarakan oleh sebuah instansi pemerintah yang judulnya “Meningkatkan Kecerdasan Salat”. Semuanya dijual sebagai pelatihan dengan biaya (istilah mereka“biaya investasi”) yang mahal. Ini sudah masuk ke masalah membohongi publik, sebab mana mungkin dengan satu pelatihan selama dua har iseorang anak bisa disulap menjadi jenius yang serbabisa, bahkan bisa melihat di balik dinding seperti Superman.

Lagipula, apa hubungannya antara menggambar dengan mata tertutup dengan jenius?

Einstein, Colombus, Thomas Edison, Bill Gates, Barack Obama, dan masih banyak lagi adalah kaum jenius tingkat dunia, tetapi tak satu pun bisa menggambar dengan mata tertutup.

Teori otak tengah sudah jelas penipuan. Dengan berpikir atau bertanya sedikit, setiap orang bisa tahu bahwa ini adalah penipuan.

Namun orang Indonesia itu malas bertanya dan ingin yang serba instan. Termasuk kaum terpelajar dan orang berduitnya. Jadi kita gampang sekali jadi sasaran penipuan.

Inilah menurut saya yang paling memprihatinkan dari maraknya kasus otak tengah ini.

sumber: kesehatan.kompasiana.com Tinggalkan komentar anda tentang Penipuan Berkedok Teori Otak Tengah